Wanita Islam Indonesia

Penyakit Hati

Rasulullah SAW bersabda kepada menantunya, Ali ra :

Wahai Ali, setiap sesuatu pasti ada penyakitnya. Penyakit bicara adalah bohong, penyakit ilmu adalah lupa, penyakit ibadah adalah riya, penyakit akhlak mulia adalh kagum pada diri sendiri, penyakit berani adalah menyerang, penyakit dermawan adalah mengungkap pemberian, penyakit tampan adalah sombong, penyakit bangsawan adalah membanggakan diri, penyakit malu adalah lemah, penyakit mulia adalah menyombongkan diri, penyakit kaya adalah kikir, penyakit royal adalah hidup mewah dan penyakit agama adalah nafsu yang diperturutkan..

Ketika berwasiat kepada Ali bin Abu Thalib r.a  Rasululullah SAW bersabda : Wahai Ali, orang yang riya itu punya tiga ciri, yaitu : rajin beribadah ketika dilihat orang, malas ketika sendirian dan ingin mendapat pujian dalam segala perkara.

Wahai Ali, jika engkau dipuji orang, maka berdoalah; Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik daripada yang dikatakannya, ampunilah dosa2ku yang tersembunyi darinya, dan janganlah kata-katanya mengakibatkan siksaan bagiku..

Ketika ditanya bagaimana cara mengobati hati yang sedang resah dan gundah gulana, Ibnu Mas”ud ra berkata: Dengarkanlah bacaan Alquran atau datanglah ke majelis2 zikir atau pergilah ke tempat yang sunyi untuk berkhalwat dengan Allah SWT jika belum terobati juga, maka mintalah kepada Allah SWT hati yang lain, karena sesungguhnya hati yang kamu pakai bukan lagi hatimu..

Insya Allah kita termasuk orang2 yang dijauhkan dari penyakit hati….

amin..

 

2 comments

  1. Rasmawaty says:

    sesungguhnya jika segala yang kita lakukan mengharap Ridho Allah semata, maka kesejukan tersendiri yng dirasakan, namun jika mengarap pujian manusia, tak ada yg dpt memberikan kesejukan apalagi berharap jalan keluar dari kegelapan…Shubhanallah, Allah Maha Suci lagi Lagi Maha Mulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *